Tumor

Istilah tumor dalam ilmu kedokteran digunakan pada setiap pembengkakan atau benjolan yang abnormal dari jaringan tubuh, apapun penyebabnya. Tumor dapat terlihat jelas di permukaan tubuh atau tersembunyi di dalam tubuh. Dalam kehidupan sehari-hari, tumor digunakan untuk menggantikan istilah neoplasma.

Perkembangan sel tumor dalam tubuh manusia

Neoplasma adalah massa jaringan abnormal akibat neoplasi, yaitu proses pertumbhan dan perkembangan jaringan tubuh yang abnormal yang tumbuh aktif dengan sistem otonom (tidak terkendali). Jaringan yang mengalami neoplasi tersusun oleh sel-sel yang berasal dari jaringan tubuh itu sendiri. Dalam perkembangannya, sel-sel tersebut menunjukkan keadaan diferensiasi abnormal sehingga timbul benjolan pada bagian tubuh yang jaringannya mengalami neoplasi.

Selanjutnya, neoplasma dibedakan menjadi neoplasma benigna atau tumor jinak dan neoplasma maligna atau tumor ganas. Tumor jinak sering disebut sebagai tumor yaitu benjolan yang bersifat jinak, tumbuh sangat lambat, dan berbatas tegas sehingga mudah dioperasi dan diangkat.

Pada umumnya, tumor jinak dapat sembuh dengan sempurna. Tumor ganas lebih dikenal dengan sebutan kanker. Pertumbuhannya sangat cepat sehingga tidak terkendali karena sel-sel jaringan telah berubah bentuk menjadi sel-sel kanker. Dengan kata lain, tumor adalah perkembangan penyakit yang mengarah pada kanker.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Tumor and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>