Penyakit Tumor Rahim

Penyakit Tumor Rahim – Selain bisa ganas, lebih sering muncul tumor jinak pada rahim atau myoma uteri. Jenis Penyakit Tumor Rahim tidak hanya satu. Bisa tumbuh di bagian dinding luar rahim, pada otot rahimnya atau bisa juga di bagian dinding dalam rahim sendiri. Ini jenis tumor yang terbanyak ditemukan. Rata-rata pada perempuan di atas umur 30 tahun. Penyebabnya masih belum jelas. Diduga ada kaitannya dengan hormon estrogen juga.

Penyakit Tumor Rahim

Penyakit Tumor Rahim

Penyakit Tumor Rahim

Penyakit Tumor rahim yang bukan tumbuh pada dinding dalam rahim atau menonjol di endometrium, umumnya nyaris tidak bergejala atau keluhan apa pun. Keluhan baru terasakan apabila ukuran tumornya sudah sedemikian besar, sehingga ada rasa penuh, rasa berat dan rasa tidak enak di perut bagian bawah atau seperti perempuan hamil. Selama tumornya masih kecil tak terasakan apa-apa.

Myoma uteri pada dinding dalam rahim yang biasanya memunculkan gejala perdarahan. Bila mendadak muncul perdarahan atau darah haid yang lebih banyak dari biasa, perlu dicurigai ini kemungkinan suatu myoma uteri. Selain perdarahan abnormal, mungkin muncul keluhan nyeri. Keluhan ini tidak pada setiap kasus myoma. Hanya apabila myomanya sudah mengganggu organ di sekitarnya keluhan nyeri muncul.

Myoma yang menonjol ke rongga rahim sering tumbuh bertangkai. Apabila tangkai myoma-nya panjang, maka bola myoma-nya akan keluar dari leher rahim dan meyembul ke saluran vagina dan bahkan bisa keluar dari vagina (myoma geburt). Tumor myoma uteri muncul sepanjang masa reproduksi perempuan dan tidak ditemukan setelah menopause. Pengidap myoma yang sudah melewati masa menopause, tumornya akan mengecil sendiri lalu menghilang.

Penyebab Tumor Rahim

Penyebab dari terjadinya penyakit tumor rahim bisa disebabkan karena hubungan stimulasi hormon estrogen di dalam organ rahim wanita. Dan adapun beberapa hal yang bisa menjadi pemicu penyebab penyakit tumor rahim adalah :

  1. Disaat mengalami proses berhentinya produksi normal dari sel-sel yang terjadi pada jaringan tertentu
  2. Disaat sesuatu merusak bagian sel normal sehingga bagian sel tadi sudah tidak mampu lagi berfungsi dengan baik dan dengan normal.
  3. Disaat gen p53 mengalami proses berhenti untuk mengrimkan pesan agar sel-sel tertentu mati pada waktunya atau yang disebut dengan apoptosis. Penyakit tumor rahim akan terus mengalami perkembangan dan lama kelamaan akan merusak sel-sel yang sehat sehingga menyebabkannya tidak bisa berfungsi dan bekerja dengan baik dan normal.

Berdasarkan ketiga hal tadi, biasanya diakibatkan karena akibat pola hidup yang kurang baik. Yang paling utama adalah seorang wanita yang hobi mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Penyebab lainnya dari penyakit tumor rahim adalah akibat berat badan berlebihan atau obesitas, akibat faktor lingkungan, faktor gen atau keturunan, radiasi pada paparan sinar matahari dan zat kimia. Selain itu, masalah stress yang sangat tinggi juga akan memicu terjadinya penyakit tumor rahim.

Gejala Tumor Rahim

Gejala yang muncul dari penyakit tumor rahim adalah :

  1. Pendarahan pada bagian pervaginam
  2. Keluarnya cairan yang tidak normal dari dalam vagina
  3. Sering merasakan nyeri perut disaat awal siklus haid
  4. Perut seperti merasa tertekan
  5. Adanya benjolan yang keras yang terjadi dibagian perut

Lakukanlah pemeriksaan jika Anda merasakan beberapa gejala dari hal diatas. Sehingga hal ini akan bisa dengan mudah dan dini untuk disembuhkan dan tidak berkembang menjadi penyakit kanker rahim yang lebih ganas lagi. Tahukah Anda bahwa penyakit tumor rahim bukan hanya menyerang wanita yang sudah berusia lanjut? Namun bisa juga menyerang wanita yang usianya masih terbilang muda sekitar 20 tahun. Bahkan seorang remaja juga biasanya mempunyai resiko mengalami penyakit gangguan kesehatan seperti penyakit tumor rahim.

Pemeriksaan Tumor Rahim

Pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter biasanya akan dilakukan pemeriksaan fisik dan disertai dengan pemeriksaan USG. Maka dengan cara seperti ini maka akan terlihat suatu benjolan pada penyakit tumor rahim, dan tindakan yang diambil adalah dengan cara melakukan operasi untuk mengangkat penyakit tumor rahim tadi. Jika memang diketahui penyakit tumor rahim ini dengan jumlah yang banyak dan juga letaknya yang ada di dalam rahim sehingga memungkinkan untuk melakukan pengangkatan rahim.

Memang untuk kasus penyakit tumor rahim lebih banyak menyerang wanita yang sudah mengalami menopause yang usianya sekitar 50-60 tahun. Penyakit tumor rahim ini jika tidak diatasi dengan segera maka akan berubah menjadi penyakit kanker. Dan penyakit kanker ini bisa menyebar atau metastase dengan lokal atau juga menyerang ke bagian tubuh yang lain misalnya adalah pada bagian kanalis, servikalis, tuba fallopi, ovarium, dan juga pada daerah yang ada disekitar rahim, selain itu sistem getah bening atau juga pada bagian tubh yang lain misalnya lewat pembuluh darah.

Cara mencegah penyakit tumor rahim yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi ramuan obat herbal seperti beberapa jenis tanaman herbal dibawah ini yang bisa dibuat sendiri dirumah adalah Kulit Manggis, daun sirsak, bunga rosella, dan madu murni. Anda bisa membuat resep alami tersebut dirumah dan mengonsumsinya secara rutin dan teratur. Pengobatan pada penyakit tumor rahim yang paling banyak dilakukan adalah memang mengangkat bagian sel-sel tumor tadi.

Itulah informasi mengenai penyakit tumor rahim. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Penyakit Tumor Rahim


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Tumor and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>