Penyakit Tumor Rahim

Selain bisa ganas, lebih sering muncul tumor jinak pada rahim atau myoma uteri. Jenis tumornya tidak hanya satu. Bisa tumbuh di bagian dinding luar rahim, pada otot rahimnya atau bisa juga di bagian dinding dalam rahim sendiri. Ini jenis tumor yang terbanyak ditemukan. Rata-rata pada perempuan di atas umur 30 tahun. Penyebabnya masih belum jelas. Diduga ada kaitannya dengan hormon estrogen juga.

Tumor rahim yang bukan tumbuh pada dinding dalam rahim atau menonjol di endometrium, umumnya nyaris tidak bergejala atau keluhan apa pun. Keluhan baru terasakan apabila ukuran tumornya sudah sedemikian besar, sehingga ada rasa penuh, rasa berat dan rasa tidak enak di perut bagian bawah atau seperti perempuan hamil. Selama tumornya masih kecil tak terasakan apa-apa.

Gambar : Tumor rahim

Myoma uteri pada dinding dalam rahim yang biasanya memunculkan gejala perdarahan. Bila mendadak muncul perdarahan atau darah haid yang lebih banyak dari biasa, perlu dicurigai ini kemungkinan suatu myoma uteri.

Selain perdarahan abnormal, mungkin muncul keluhan nyeri. Keluhan ini tidak pada setiap kasus myoma. Hanya apabila myomanya sudah mengganggu organ di sekitarnya keluhan nyeri muncul.

Myoma yang menonjol ke rongga rahim sering tumbuh bertangkai. Apabila tangkai myoma-nya panjang, maka bola myoma-nya akan keluar dari leher rahim dan meyembul ke saluran vagina dan bahkan bisa keluar dari vagina (myoma geburt).

Tumor myoma uteri muncul sepanjang masa reproduksi perempuan dan tidak ditemukan setelah menopause. Pengidap myoma yang sudah melewati masa menopause, tumornya akan mengecil sendiri lalu menghilang.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Tumor and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>