Penyakit Tumor Payudara

Penyakit Tumor Payudara – Tumor adalah penyakit yang disebabkan pertumbuhan sel yang menyimpang atau tidak normal, cepat dan tidak terkendali. Sel melakukan pembiakan dengan tidak mengikuti kaidah pembiakan. Akibatnya terjadi kerusakan jaringan-jaringan ditubuh dan bisa menyebabkan kematian. Salah satu jenis tumor adalah penyakit tumor payudara.

Penyakit Tumor Payudara

Penyakit Tumor Payudara

Penyakit Tumor Payudara

Kanker payudara atau penyakit tumor payudara adalah tumor ganas yang menyerang jaringan payudara. Jaringan payudara tersebut terdiri dari kelenjar susu (kelenjar pembuat air susu), saluran kelenjar (saluran air susu), dan jaringan penunjang payudara. Kanker payudara tidak menyerang kulit payudara yang berfungsi sebagai pembungkus. Kanker payudara menyebankan sel dan ringan payudara berubah bentukmenjadi abnormal dan bertambah banyak secara tidak terkendali.

Kanker payudara atau penyakit tumor payudara merupakan penyakit yang paling sering ditakuti oleh kaum wanita. Meskipun demikian, berdasarkan penemuan terakhir, kaum pria pun bisa terkena kanker payudara. Dari hasil penelitian para ahli menunjukkan bahwa satu dari delapa wanita terkena penyakit kanker payudara. Di Indonesia, kanker payudara merupakan kanker kedua paling banyak diderita kaum wanita seleah kanker mulut/leher rahim. Kanker payudara umumnya menyerang wanita yang telah berumur lebih dari 40 tahun. Namun demikian, wanita muda pun bisa terkena kanker ini.

Jenis Penyakit Kanker Payudara

Penyakit tumor payudara yang ganas akan berubah menjadi penyakit kanker payudara jika tidak segera mendapatkan penanganan. Penyakit kanker payudara terbagi menjadi beberapa jenis umum :

  1. Infiltrating/Invasive Ductal Carcinoma (IDC)
    Penyakit kanker payudara jenis ini biasanya terjadi pada sekitar 65-85 peresn kasus penyakit kanker payudara. Dan dilai dari sel yang ada pada saluran susu serta tidak menembus ke dinding saluran untuk bisa menyerang jaringan yang mengandung lemak. Dapat menyebar dengan lewat darah atau kelenjar getah bening. Dengan menggunakan pemotretan dari sinar X mammogram biasanya dengan melakukan pemeriksaan ini maka akan terlohat sebagai jaringan yang sifatnya tidak biasa, flek kecil dan juga keduanya. Muncul sebagai salah satu gumpalan yang biasanya berbentuk agak keras dibandingkan dengan jaringan yang ada disekitarnya.
  2. Infiltrating/Invasive Lobular Carcinoma (ILC)
    Biasanya untuk jenis penyakit kanker payudara yang satu ini kasusnya terjadi sekitar 5-10 persen. Terdapat kelenjar untuk menghasilkan susu dan juga menyebar ke jaringan lemak dan yang ada pada daerah dimanapun di dalam tubuh. dengan melakukan pemeriksaan mammogram, maka biasanya akan terlihat seperti IDC, namun pemerisaan fisik yang memang biasnaya tidak menemukan dari suatu adanya gumpalan yang keras, jaringan yang agak samar bentuknya dan ketebalannya. Hal ini bisa terjadi lebih dari satu tempat dibagian dada dan juga pada kedua dada dengan cara stimulan.
  3. Tiga subtipe slow-growing invasive merupakan Meullary. Mucinous dan juga Tubular carvcinomas. Yang secara bersamaan kasusnya terjadi sekitar 12 persen pada penyakit kanker payudara. Mereka bisa diketahui dengan lebih pasti dan lebih baik dibandingkan jenis kanker ganas yang lain.
  4. Inflammatory Carcinoma
    Jenis penyakit kanker ini merupakan subtipe IDC dengan karakteristik payudara yang terlihat memerah, mengalami pembengkakan dan akan terasa panas. Selain itu, kulit yang menebal dan akan membentuk suatu benjolan yang kecil Hal ini terjadi akibat adanya suatu pertumbuhan pada penyakit kanker yang dengan cepat dan terjadinya penyumbatan pada jaringan getah bening. Pada sekitar 90 persen kasus, penyakit kanker sudah menyebar pada jaringan getah bening saat ditegakkan diagnsosisnya. Ini merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang agresif dan biasanya dilakukan dengan suatu perawatan menggunakna kemoterapi. Pembengkakan pada penyakit kanker biasanya terjadi dari satu tempat ke tempat yang lain dari sekitar 4 persen kasus yang memang terjadi.
  5. Pagets disesase
    Biasanya penyakit ini dimulai dari saluran susu dan kemudian lama kelamaan mengalami penyebaran pada bagian puting susu dan juga bagian aerola. Kemudian hal tersebut akan menyebabkan terjadinya suatu pengerasa. Dan tidak adanya suatu gumpalan yang terasa dan selain itu biopsi yang menunjukkan tidak adanya penyakit kanker ganas, itu merupakan salah satu hal yang baik. Perawatan yang dilakukan juga hampir mirip seperti penyakit kanker ganas yang lain.
  6. Tumor jaringan lunak
    Pada penyakit tumor ini biasanya tumor akan terjadi pada jaringan pendukung dibagian payudara. Penyakit tumor ini merupakan salah satu jenis yang memang tidak umum terjadi.

Faktor resiko yang bisa terjadi pada penyakit kanker payudara adalah :

  1. Wanita lebih besar mengalami resiko penyakit kanker payudara dibandingkan laki-laki
  2. Usia, faktor usia yang mengalami kanker payudara biasanya pada usia diatas 60 tahun dengan resiko paling besar dibandingkan wanita yang masih berusia lebih muda.
  3. Catatan pribadi dengan riwayat kesehatan kanker payudara. Jika Anda merupakan salah seorang yang dulunya pernah menderita penyakit kanker patudara, maka Anda mempunyai resiko penyakit kanker payudara lagi dibagian yang lain.
  4. Riwayat kesehatan keluarga. Jika salah satu anggota keluarga Anda menderita penyakit kanker payudara, maka Anda bisa beresiko besar mengalami penyakit kanker payudara. Namun secara umum mereka yang mempunyai masalah penyakit kanker payurada biasanya tidak ada hubungannya dengan keluarga yang mempunyai riwayat kanker payudara.

Itulah informasi mengenai penyakit tumor payudara. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.

Penyakit Tumor Payudara


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Tumor and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>