Penyakit Tumor Ganas

Penyakit Tumor GanasPenyakit Tumor Ganas disebut sebagai maligna yang artinya adalah lebih buruk dan beresiko besar menyebabkan kematian dengan ditandai suatu karakteristik atau gejala seperti anaplasia, invasif dan juga metastatis. Penyakit tumor ganas adalah penyakit kanker, dan penyakit kanker belum tentu berbentuk seperti penyakit tumor. Dimana sel-sel pada penyakit kanker yang menyerang serta merusak ke bagian jaringan dan juga organ di dekat tumor atau invasif. Sel-sel penyakit kanker yang bisa melepaskan diri mereka dari penyakit tumor ganas dan kemudian mulai memasuki jaringan sistem limfatik atau juga aliran darah. Penyakit kanker yang menyebar dari penyakit tumor asli untuk bisa membentuk suatu penyakit tumor yang baru pada bagian lain dari dalam tubuh, istilahnya disebut dengan metastatis. Perbedaan yang lain antara penyakit tumor jinak dengan tumor ganas adalah bahwa tidak berkapsul.

 Penyakit Tumor Ganas

Penyakit Tumor Ganas

Penyakit Tumor Ganas

Dan secara khusus, sel-sel dari tumor ganas kemungkinan mempunyai suatu perubahan dalam bentuk sel yang bisa berkontribusi pada cepatnya proses proliferasi mereka. Dan kebanyakan pada sel-sel ganas juga mempunyai kromosom yang tidak normal atau juga gen yang mengalami suatu perubahan dan biasanya mereka akan memproduksi protein yang tidak normal. Kebanyakan perubahan yang terjadi dari sifat sel dan juga sel-sel yang ganas yang bisa memungkinkan ajli patologi dalam menentukan proses yang disebut dengan staging pada tumor.

Pertumbuhan lokal dari penyakit kanker yang diawali dengan penyakit tumor adalah kanker biasanya akan tumbuh dari satu sel kanker pada salah satu bagian yang ada di dalam organ yang disebut dengan unisentris. Jarang sekali penyakit kanker bisa tumbuh dari dalam beberapa sel yang ada di dalam organ atau multisentris atau juga dari beberapa organ yang disebut dengan multilokuler. Jika sel kanker tumbuh dengan bersamaan selama satu tahun maka disebut dengan Synchronous dan jika tumbuh dalam waktu yang berbeda maka disbeut dengan Metachronous.

Untuk bisa terjadinya suatu transformasi atau bentuk perubahan dari 1 sel yang normal yang berubah menjadi sel kanker akibat faktor karsinogen atau penyebab kanker maka hal yang dibutuhkan adalah 2 hal yakni insiasi dan juga promosi. Waktu induksi yang dibutuhkan adalah selama 15-30 tahun dengan kategori fase :

  1. Fase insitu : 5-10 tahun
  2. Fase invasi 1-5 tahun
  3. Fase diseminasi (fase penyebaran) : terjadi 1-5 tahun

Selain itu, sel kanker yang tumbuh bisa secara exponensial.

Cara penyebaran yang terjadi pada penyakit kanker adalah :

  1. Perkontinuitatum : pertumbuhan yang menuju ke daerah sekitarnya
  2. Secara limfogen : biasanya sel-sel yang bisa menginfiltrasi saluran pada limfe, atau ke kelenjar getah bening secara regional
  3. Hematogen : sel-sel yang bisa menginfiltrasi kapiler pembuluh darah, dan mengikuti aliran darah dalam tubuh.
  4. Transluminal : di dalam dinding saluran nafas, saluran pencernaan, dan juga saluran urine.
  5. Transerosa/trancoelum : di dalam cav. Thoracis, cav. Abdominis, cav. Pelvis.
  6. Latrogen : biasanya disebabkan oleh tindakan kita misalnya adalah massage operasi dan juga hal lainnya.

Dibawah ini beberapa hal yang bisa mempengaruhi faktor penyebaran kecepatan pada penyakit tumor ganas adalah :

  1. Waktu siklus : biasanya waktu yang dibutuhkan adalah 1 sel menjadi 2 sel dan kemudian seterusnya terjadi
  2. Derajat pada diferensiasi : makin jelek derajat dari diferensiasi sel, maka semakin cepat juga proses dari pertumbuhan sel kanker yang ada di dalam tubuh.
  3. Populasi dari penyakit kanker : populasi dari sel kanker yang biasanya terdiri dari sel yang bisa tumbuh, sel yang tidak bisa tumbuh, dan sel yang hilang atau mengalami kematian. Pertumbuhan dari kanker bisa dengan cepat terjadi jika populasi pada sel yang bisa tumbuh lebih besar dan juga bisa lebih cepat.
  4. Ruangan dari tempat dimana tumbuhnya penyakit tumor ganas seperti semakin besar tumor maka akan semakin besar juga ruangan yang memang dibutukan, dan semakin besar tenaga yang dibutuhkan dalam mendesak jaringan yang ada pada sekitarnya.
  5. Pertahanan secara alami dari tubuh kita langsung
  6. Suplai darah, biasanya penyakit tumor ganas akan menghasilkan angitrofin yang bisa merangsang terjadinya suatu pertumbuhan pada pembuluh darah yang baru yang disbeut dengan istilah neovaskularisasi.

Penyakit Kanker

Kanker adalah sekelompok penyakit yang menyebabkan pengembangbiakan sel-sel secara abnormal. Semua sel secara genetik diprogramkan untuk mengembangbiakan sendiri dan juga diprogramkan untuk mengentikan perngembangbiakan tersebut. Penghentian pengembangbiakan sel adalah sangat penting sebab bila tidak demikian, kita akan berhenti untuk sembuh. Suatu gangguan dalam mekanisme yang menghentikan pengembangbiakan sel tersebut menyebabkan pertumbuhan abnormal yang dinamakan tumor.

Ada dua macam tumor yakni tumor ganas (malignant tumor) dan tumor lunak (benign tumor). Ada dua perbedaan penting antara kedua macam tumor ini. Pertama, tumor ganas dapat menyerang dan mematikan jaringan-jaringan di sekitarnya, sedangkan tumor lunak berdiri sendiri dan baru menimbulkan masalah bila menekan jaringan-jaringan yang ada disekitarnya.

Misalnya, 68% para pasien yang menderita tumor ganas mengalami peristiwa kehilangan yang penting dibandingkan dengan hanya 33% dari para pasien yang menderita tumor lunak. Sedangkan, 80% para pasien yang menderita tumor ganas dan 39% para pasien yang menderita tumor lunak memperoleh skor tertinggi. Pengobatan yang dilakukan salah satunya adalah dengan pemberian obat tumor seperti kemoterapi.

 Penyakit Tumor Ganas


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Tumor and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>