Jenis Penyakit Tumor

Menurut sifat biologisnya, neoplasma atau tumor dibedakan menjadi tumor jinak (benigna) dan tumor ganas (maligna). Pertumbuhan tumor jinak lambat dan biasanya berkapsul sehingga mudah dibedakan dengan jaringan sekitarnya karena berbatas tegas. Pembesaran tumor akan menekan jaringan tetangganya dan dapat menyebabkan obtruksi atau atrofi. Hal ini dapat berakibat fatal jika terjadi pada bagian tubuh yang penting, misalnya otak.

Pada suatu saat, tumor jinak dapat berubah menjadi ganas. Tumor ganas inilah yang banyak disebut sebagai kanker, tumbuh dengan cepat dan cenderung bervariasi ke jaringan sekitarnya sehingga batasnya tidak tegas dan jarang berkapsul. Sebuah atau beberapa sel kanker dapat terlepas dari jaringan kanker induknya, terbawa oleh darah atau getah bening, tersangkut di jaringan lain, misalnya pada otak dan berkembang biak disana membentuk tumor sekunder. Peristiwa ini dikenal dengan metastase.

Tumor atau neoplasma sering diberi nama sesuai dengan asal jaringan yang terkena, misalnya tumor jinak :  

- Fibroma berasal dari jaringan ikat fibrosa
- Khondroma berasal dari jaringan tulang rawan
- Adenoma berasal dari jaringan kelenjar.

Tumor pada suatu organ tubuh dapat berasal dari 2 jenis jaringan yang berbeda. Sebagai contoh, tumor jinak pada kelenjar payudara disebut fibro-adenoma mammae. Kadang-kadang, tumor diberi nama sesuai dengan orang yang pertama kali menemukannya, misalnya :

- Penyakit Hodgkin, yaitu tumor yang menyerang kelenjar limfe

- Tumor Wilm, yaitu tumor yang menyerang ginjal

Kedua jenis penyakit tersebut termasuk dalam jenis tumor ganas atau kanker. Pada umumnya tumor ganas diberi nama sesuai dengan asal jaringan. Tumor ganas yang berasal dari ektoderm dan endoderm disebut karsinoma dan yang berasal dari mesoderm disebut sebagai sarkoma. Jika jaringan tumor ganas sangat menyerupai jaringan embrio, tumor ini disebut sebagai balstoma, seperti pada neuroblastoma. Jika tumor tersebut berasal dari 2 lapisan jaringan embrio, disebut karsinosarkooma, Jika berasal dari 3 lapis jaringan embrio disebut sebagai teratoma.

Tumor sering juga diberi nama secara kombinasi untuk memperjelas asal tumor, misalnya adenokarsinoma, khondrosarkoma dan lipossarkoma. Jelas, akhiran ‘oma” menunjukkan adanya neoplasma, kecuali pada istilah granuloma yaitu suatu pertumbuhan nonneoplastik yang terjadi pada reaksi peradangan suatu jaringan.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Tumor and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>